Hidup Akan Selalu Terasa Berat Bagi Orang Yang Selalu Mengeluh Dan Lupa Untuk Bersyukur

Loading...
Loading...

Bersyukur adalah sebuah perbuatan yang patut untuk kita lakukan, karena di dalam rasa bersyukur, kita menghargai dan menghormati Kebesaran Tuhan yang sudah diberikan pada masing-masing kita semua.


Bersyukur tidak mudah untuk dilakukan, karena penilaian yang bisa diberikan bukan dari perbuatan dan perkataan kita saja, tapi Tuhan bisa melihat dalam Hati Kita yang sesungguhnya. Segala cobaan hidup yang terus mengguncang keadaan kita, membuat kita tidak bisa memberikan rasa syukur yang sepenuhnya.

Melihat ke bawah untuk urusan duniawi.Dengan melihat ke bawah, kita akan mengetahui bahwa kita jauh lebih beruntung dan jauh lebih kaya dibandingkan jutaan manusia di muka bumi ini..

Banyak saudara kita yang tidak dapat makan, tidak memiliki tempat tinggal, menderita penyakit parah, hidup di daerah konflik, atau mengalami musibah bencana alam. Dibandingkan dengan mereka, bukankah apa yang ada pada diri kita jauh lebih baik? Jadi, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersyukur bukan?

Kita dapat mengawali hari kita dengan mengucap syukur atas hari yang baru, atas matahari yang dengan setia terbit tiap pagi. Kalaupun pagi itu hujan, tentunya tidak berkurang syukur kita.

Sering kita lupa, betapa beruntungnya kita mempunyai orang tua yang mengasihi kita, yang mencintai kita tanpa syarat, yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan kita dan berusaha memberikan pendidikan terbaik untuk kita.. Kita mempunyai saudara-saudara yang memperhatikan; tempat berbagi cerita, suka dan duka. Juga ada guru/dosen yang telah membagikan ilmunya kepada kita.

Kalau kita sakit, kita bertanya kepada Allah, mengapa kita diberi penyakit? Sedangkan kalau sehat, kita jarang mensyukurinya. Bersyukurlah kepada Allah karena organ-organ dalam tubuh kita bekerja dengan baik tanpa kita perintah. Panca indera kita membantu kita untuk melihat, merasakan, mendengar dan mencium indahnya ciptaan Allah.

Bersyukur dalam pikiran dan kata-kata adalah titik awal yang baik. Namun kekuatan sebenarnya dari rasa syukur datang ketika kita memasukkannya ke dalam tindakan.

Bagaimana kita menempatkan syukur ke dalam tindakan? Dengan membuat sebagian besar hal-hal baik yang kita miliki. Bila kita menimbun dan menyembunyikan diri, maka mereka segera layu dan mati. Ketika di sisi lain kita menempatkan mereka untuk menggunakan hal-hal baik, maka dalam kehidupan kita tumbuh dan berkembang biak.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan rasa syukur dan penghargaan untuk sesuatu daripada menggunakannya untuk hal positif, produktif, tujuan kreatif. Lakukan itu, maka nilai kita sudah tumbuh memiliki bahkan lebih berharga. Apa pun yang kita miliki adalah benar-benar milik kita kecuali kita benar-benar bersyukur untuk hal itu. Agar benar-benar efektif dan bersyukur untuk itu, manfaatkan sepenuhnya dan ia akan berbuah. Hidup dengan rasa syukur dalam hati, pikiran kita dan yang paling penting, dalam setiap tindakan kita. Semua hal baik yang kita gunakan akan tumbuh lebih baik.

Misalnya seorang politisi, jika pandai bersyukur maka dia akan selalu melakukan tindakan-tindakan yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat, orientasi gerakannya tak hanya kekuasaan dan uang saja, jika memang harta dan kekuasaan merupakan alat untuk selalu mendekatkan diri akan kesucian Allah maka politisi tersebut akan menjadi pemimpin yang rahmatan lil alaminkarena hati dan fikirannya selalu terkendalikan oleh hal-hal yang positif.

Contoh lagi bagi orang yang dianggap miskin, dengan kepandaiannya akan mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Alloh, maka hidupnya akan mendapat ketenangan dalam kehidupan, terkendalinya hati dan pikiran dengan hal-hal baik menjadi titik tolak orang tersebut selalu mendapat kebaikan-kebaikan, walaupun dipandang orang banyak dia adalah orang miskin. Sebaliknya bagi orang kaya; dengan kekayaanya yang melimpah, jika tidak pandai bersyukur, maka segala macam kekurangan akan terus menggelayuti pikiran dan hatinya, ini yang menyebabkan orang tersebut akan menemui kehidupan yang sebenarnya tidak dia inginkan, diluar rencananya.

Tak ada hidup yang sempurna. Selalu bersyukur memang terkadang tidak membuat bagian hidup kita otomatis sempurna, tapi akan membuat hidup kita senantiasa bahagia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel