Adab Minum Yang Baik Serta Manfaat Air Yang Masuk Ke Dalam Tubuh

Loading...
Loading...
Kesehatan bagi tubuh itu sangatlah penting yang harus kita jaga. Kalau bukan kita sendiri yang menjaga tubuh kita siapa lagi?


Sering kita mengabaikan untuk mengkonsumsi air putih. Untuk sehat itu tidak sulit. Dapat kita lakukan dengan cara menjaga stabilitas kesehatan tubuh dengan minum air putih yang baik.

Air merupakan salah satu sumber daya terpenting bagi keberlangsungan semua makhluk di bumi. Terkhusus pada manusia, air menjadi satu kebutuhan vital sehari-hari yang mewujud dalam bentuk air minum atau air putih. Tak heran jika sejak kecil kita sudah diajarkan dan diberitahu bahwa meminum air putih itu baik untuk kesehatan tubuh.

Minum adalah salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh setiap orang. Semua makhluk hidup pasti butuh minum, karena tubuh memerlukan cairan untuk tetap berfungsi dengan baik. Bila kekurangan minum, tubuh rasanya akan menjadi lemas dan tenggorokan seakan kering.

Cairan yang masuk ke dalam tubuh memiliki manfaat untuk menghilangkan dahaga, menyegarkan tenggorokan, menambah oksigen, menghilangkan racun, dan juga sebagai sumber energi bagi tubuh. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya untuk minum itu ada tata cara tersendiri?

Banyak yang masih belum mengetahui tentang tata cara minum yang baik. Dalam Islam sendiri sangat ditekankan untuk mengikuti adab minum yang baik dan benar seperti yang dicontohkan Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam semasa hidupnya. Tujuannya, tentu bukan semata-mata ibadah, melainkan ada unsur kebaikan untuk kesehatan apabila dilakukan.

Ini lah 7 tata cara minum yang baik sesuai dengan adab minum ala Rasulullah SAW:

Niat
Sebelum minum, hendaklah berniat terlebih dahulu agar cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat tubuh terasa lebih benergi lagi. Selain itu, niat minum juga ditujukan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Baca doa
Biasakanlah untuk memulai minum dengan membaca basmallah. Dari Amr bin Abi Salamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Thabrani dalam Mu’jam Kabir)

Tidak bernafas dan meniup air minum
Dalam suatu hadits dari Abu Qatadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian minum maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263)

Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi mengatakan, “Larangan bernafas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu.”

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum beliau mengambil nafas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali.” Dan beliau bersabda, “Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat.”

Minum dengan tangan kanan
Tangan kanan dipercaya untuk melakukan hal-hal baik. Begitu pula saat minum, dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah pula bersabda agar manusia makan dan minum menggunakan tangan kanan. Hal ini dipercaya akan membawa berkah dan membuat tubuh menjadi lebih segar lagi.

Dilarang minum langsung dari mulut teko/ceret.
Dari Abu Hurairah, beliau berkata, “Rasulullah melarang minum langsung dari mulut qirbah (wadah air yang terbuat dari kulit) atau wadah air minum yang lainnya.” (HR Bukhari no. 5627).

Menurut sebagian ulama minum langsung dari mulut teko hukumnya adalah haram, namun mayoritas ulama mengatakan hukumnya makruh. Maka seyogyanya orang yang hendak minum, tuangkanlah terlebih dahulu ke dalam gelas, kecuali dalam keadaan terpaksa.

Menutup tutup botol minum pada malam hari
Biasakan diri kita untuk menutup tutup wadah tempat air minum berada pada malam hari dan jangan lupa mengajarkan anak kita tentang hal ini. Sebagaimana hadits dari Jabir bin Abdillah, ia berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda, “Tutuplah bejana-bejana dan wadah air. Karena dalam satu tahun ada satu malam, ketika itu turun wabah, tidaklah ia melewati bejana-bejana yang tidak tertutup, ataupun wadah air yang tidak diikat melainkan akan turun padanya bibit penyakit.” (HR. Muslim)

Bersyukur
Hendaklah merasa puas dan bersyukur dengan minuman yang ada, dan usahakan untuk tidak mencelanya karena segala sesuatu yang didapatkan merupakan berkah yang harus selalu disyukuri adanya.

Faktanya, air putih mengandung banyak manfaat luar biasa bagi manusia.

Selain sebagai pelepas dahaga, masih banyak manfaat yang mungkin belum diketahui manusia. Hal ini sesuai firman Allah:

“Dan kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati dan agar kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk kami, binatang-bintang ternak, dan manusia yang banyak” (QS Al-Furqon: 48-50)

Manfaat Air Putih

Memperlancar sistem pencernaan, Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.

Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, plus mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.

Perawatan kecantikan, Bila kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

Untuk kesuburan, Meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Menurut hasil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.

Menyehatkan jantung, Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran pernafasan, usus, dan penyakit kewanitaan, dll. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.

Sebagai obat stroke, Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

Efek relaksasi, Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.

Menguruskan badan, Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Mau kurus?, minum air putih saja.

Tubuh lebih bugar, Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

MasyaAllah, Kesehatan itu mahal, awalilah dengan mengkomsumsi air minum secara teratur!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel