Kasus Pertama di Indonesia, Pasien Corona Sudah Sembuh Lalu Positif Lagi

Loading...
Loading...

Kasus pertama pasien sembuh lalu kembali positif terjadi di Indonesia. Ajudan wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, yakni Ori Kurniawan, kembali dinyatakan positif covid-19.

Padahal, sebelumnya Ori Kurniawan sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Awalnya, Ori menyebut dirinya telah melewati dua kali tes swab yang menyatakan negatif. Sehingga, dia resmi dinyatakan sembuh dari virus Corona pada Senin 6 April 2020.

“Negatif yang pertama, negatif yang kedua baru dikasih pulang. Dia dua kali negatif,” tutur Ori Selasa 7 April 2020 seperti dikutip dari detikcom.

Setelah pulang, kata Ori, dia diwajibkan menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Dia Sempat pulang ke Aceh usai dinyatakan sembuh.

Akan tetapi, selang berapa waktu pada Senin 4 Mei 2020, Ori kembali dinyatakan positif virus Corona. Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah, menyatakan, ada dua penyebab kenapa orang bisa tertular ulang.

“Iya. Ada dua kemungkinan, pertama terinfeksi ulang atau reaktivasi,” kata Aris Yudhariansyah, Selasa 5 Mei 2020.

Dia menduga, Ori kembali positif karena terinfeksi ulang. Kini, Ori sudah dibawa ke RS Martha Friska Medan untuk menjalani perawatan.

“Kalau berdasarkan yang kita lihat, kemungkinan itu terinfeksi ulang,” ucapnya.

“(Sempat) Pulang ke Aceh, sekarang sudah dibawa ke Martha Friska sejak tadi malam,” ujar Aris.

Jubir Gugus Tugas COVID-19 Sumut, Mayor Kes Whiko Irwan, menambahkan, kasus Ori menjadi kasus pertama pasien sembuh kembali positif di Indonesia.

“Sepengetahuan saya pribadi, saya baru dengar ini (positif kembali usai sembuh di Indonesia),” ujar Whiko, dihubungi terpisah.

Whiko menduga, ada kemungkinan Ori terinfeksi virus Corona varian yang berbeda dengan virus sebelumnya. Seharusnya, menurut Whiko, jika sudah pernah terinfeksi virus Corona, harusnya memiliki kekebalan.

“Itu kemungkinan varian-varian dari Corona. Harusnya dengan virus yang sama sudah tidak, karena kan sudah ada imunitas,” tuturnya.

Kasus orang sembuh kembali positif bukan hal pertama di dunia. Kejadian itu sudah terjadi di China sebagai asal virus Corona.

“Tapi nyatanya di China sendiri ada ditemukan mantan penderita COVID-19 itu positif kembali sampai 116 orang,” ucapnya.

Sementara itu, Wagub Sumut, Ijeck, mengatakan Ori belum masuk kerja. Dirinya, bersama dengan staf lainnya, belum sempat bertemu Ori setelah sembuh.

“Saya tidak pernah ketemu Ori semenjak dia keluar (RS Adam Malik) begitu juga seluruh staf dan teman-teman kerja juga tidak pernah ketemu,” kata Ijeck, Selasa (5/5).

Dia mengatakan dirinya memang meminta Ori untuk istirahat setelah dinyatakan sembuh dari virus Corona pada Senin (6/4). Ijeck menyebut Ori juga meminta izin pulang ke rumah orang tuanya di Aceh untuk beristirahat setelah dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu.

“Setelah dinyatakan sembuh per telepon Ori menghubungi saya dan saya sampaikan untuk istirahat saja dulu tidak usah masuk kerja dulu selama 2 minggu. Kemudian Ori minta izin ke saya kalau dia istirahat pulang ke Bireuen tempat orang tuanya dan saya izinkan, jadi setelah keluar RS dia dengan kendaraannya sendiri langsung pulang ke rumah orang tuanya,” ujar Ijeck.

Sumber : terkini.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel