Viral soal Informasi Suara Dentuman di Bandung, Ini Penjelasan Lapan, BMKG dan PVMBG

Loading...
Loading...

Masyarakat dihebohkan dengan suara dentuman yang terdengar di wilayah Bandung, Jawa Barat baru-baru ini.

Mereka banyak menanyakan hal tersebut di media sosial Twitter. Pembicaraan tentang “Dentuman” bahkan sempat menjadi trending pada Kamis (21/5/2020). “Video dentuman paling jelas mrinding juga ei.

Tadinya sempet mikir kek suara mercon bambu. seyemm Vid by ig @.adtyfz upload ulang oleh @.infobandungkota,”  tulis salah seorang netizen.

Terkait suara dentuman tersebut berikut penjelasan lengkap dari Lapan, PVMBG, dan BMKG.
LAPAN

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan belum mendapatkan informasi resmi terkait adanya suara dentuman yang disebut terdengar di Bandung tersebut.

Ia mengatakan sangat mungkin suara dentuman yang terdengar berasal dari lokasi yang berbeda-beda. “Sangat mungkin itu suara lokal yang berbeda-beda, tetapi dianggap saling terkait. Jadi seolah suara dentuman yang didengar di wilayah yang luas,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/5/2020).

Menurutnya media sosial memiliki peran dalam menyebarkan informasi tersebut dan membesar-besarkannya. “Tidak ada penjelasan ilmiah soal suara dentuman, karena infonya tidak jelas.

Kita tidak (akan menyelidiki soal suara itu), karena tidak ada sumber suara dari antariksa," katanya lagi. Baca juga: Lapan Sebut Suara Dentuman Bukan dari Letusan Gunung Anak Krakatau PVMBG

Terpisah, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengakui banyak laporan warga Bandung mengenai suara dentuman tersebut. Adapun suara terdengar pada  Kamis, 21 Mei 2020 antara pukul 08.30-09.30 WIB.

Meski demikian, monitoring BMKG menunjukkan tidak ada aktivitas terkait gempa bumi. “Hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi signifikan yang terjadi di Bandung dan sekitarnya sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB,” ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono saat dihubungi Kompas.com, Kamis (21/5/2020).

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, cuaca di Bandung pada Kamis (21/5/2020) kemarin sampai dengan pukul 10.00 WIB cerah berawan, tidak turun hujan. Selain itu juga tidak ada petir di Bandung.

“Sehingga berdasarkan data tersebut, suara dentuman tidak bersumber dari peristiwa gempa bumi, petir, atau cuaca di Bandung dan sekitarnya,” kata dia. BMKG mengatakan sedang melakukan kajian terkait suara tersebut dan saat ini belum menemukan titik terang.

Sumber : kompas.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel