Artis Ini bagi-bagi Tepung 1 Kg Di Masa Pandemi, Tak Disangka Isinya Bikin Mata Terbelalak

Loading...
Loading...

Beredar kabar di media sosial Twitter tentang aktor Bollywood Aamir Khan yang disebut menyumbangkan 1 kilogram tepung terigu yang di dalamnya ternyata ada uang tunai untuk warga terdampak pandemi virus corona.

Berdasarkan penelusuran Pikiranrakyat-bekasi.com sebagaimana dilaporkan facthunt, kabar tersebut merupakan informasi hoaks sebab belum terungkap jelas kebenarannya.

Kabar tersebut pertama kali dibagikan oleh pemilik akun Twitter @VictorNewt pada Kamis, 30 April 2020. Dia mengunggah gambar Aamir Khan dan sejumlah kantong tepung terigu dengan lembaran uang di dalamnya.

Bersama dengan gambar tersebut, pemilik akun Twitter @VictorNewt menuliskan narasi sebagai berikut.

"Aamir Khan mendonasikan kantong berisi 1 kilogram tepung terigu. Karena sumbangannya hanya 1 kilogram tepung, hanya orang-orang yang paling miskin yang datang mengambil sumbangan tersebut.

"Dia (Amir Khan) menyembunyikan 200 dolar (setara nyaris Rp 3 juta) di dalamnya, jadi uang itu hanya didapatkan oleh mereka yang benar-benar membutuhkan," tulis dalam narasi akun Twitter @VictoriaNewt.

Bahkan di Instagram, akun penggemar Amir Khan Indonesia @aamirfansindonesia mengunggah foto Aamir Khan dan tepung terigu berisi uang tunai dengan narasi sebagai berikut.

"Aamir Khan mendonasikan masing-masing 1Kg tepung dan 15.000 rupee kepada warga yang membutuhkan di masa lockdown ini. I love your golden heart," tulis fanbase Instagram @aamirfansindonesia.

Selain itu, kabar donasi Aamir Khan juga viral di aplikasi TikTok. Video di TikTok menampilkan foto Aamir Khan di satu sisi dan di sisi lain menampilkan video seorang pria menjelaskan bagaimana sebuah kendaraan berisi paket tepung tiba-tiba datang ke daerah kumuh.

Beberapa orang mengumumkan bahwa mereka yang membutuhkan paket tepung harus datang dan mengambil 1 kilogram tepung itu ke mobil, tetapi karena hanya 1 kilogram tepung saja, banyak warga yang menolak untuk mengambil paket bantuan tersebut karena menurut mereka satu kilo tepung tidak akan cukup.

Sehingga paket bantuan ini hanya diambil oleh orang-orang yang membutuhkan, saat mereka mengambil tepung terdapat uang 15.000 rupee tersembunyi di dalamnya.

Pria di video TikTok itu mengatakan bahwa ini adalah cara yang sangat inovatif untuk membantu mereka yang benar-benar membutuhkan.

Berdasarkan hasil penelusuran, pria dalam video TikTok original tanpa ada foto Aamir Khan adalah pengguna dengan nama akun Crazy Traveler, dia mengunggah videonya pada 19 April 2020.

Dia mengunggah video TikTok tentang penjelasan donasi tepung terigu tanpa ada foto Aamir Khan di sampingnya.

Pria itu juga tidak menyebutkan dengan spesifik dari siapa paket tepung terigu itu diberikan. Pria itu bahkan tidak menyebutkan nama Aamir Khan.

Sementara, klaim Aamir Khan yang memberikan paket sumbangan itu semua diunggah setelah 19 April 2020, setelah video pertama yang sebenarnya diunggah di TikTok.

Sejauh ini, di India sendiri belum ada sumber terpercaya yang melaporkan bahwa Aamir Khan melakukan donasi dengan cara yang unik, tim aktor tersebut pun belum ada yang memberikan klarifikasi terkait kabar yang beredar.

Kemudian, dari gambar yang beredar, jumlah uang yang ada dalam tepung terigu hanya sekira 2.000 hingga 2.500 rupee atau setara Rp 387.000, lebih sedikit daripada nominal dari kabar yang beredar.

Kabar donasi unik ini sempat dilaporkan oleh portal berita Gujarati News, namun dalam laporan mereka, donatur masih belum diketahui.

Berdasarkan laporan dari Hindustan Times yang diterbitkan pada 6 April 2020, aktor Bollywood Aamir Khan dikatakan telah menyumbangkan sejumlah donasi ke Dana Peduli PM Cares dan Dana Bantuan Kepala Menteri Maharashita.

Aamir Khan juga memberikan dukungan finansial kepada berbagai organisasi relawan dan pekerja harian informal.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel