Banjir dukungan usai terima tantangan Luhut, dosen UI: Tenang, ilmiah

Loading...
Loading...

Dosen senior UI Dr Djamester Simarmata belakangan disorot publik usai menerima tantangan debat dari Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Tantangan debat sebelumnya dilayangkan Luhut berkaitan soal utang negara yang dikritik sejumlah pihak.

Luhut mengajak siapa saja pengkritik soal utang untuk tak hanya berkoar-koar di media massa, tapi menemuinya dan berdebat empat mata dengannya. Belakangan, sosok Dr Djamester Simarmata lah, si dosen senior UI yang secara lantang menerima tantangan duel argumen Luhut.Atas hal ini, dia pun kemudian banjir dukungan.

Banyak pihak yang mengeluh-eluhkan sosok pengajar ekonomi di universitas kebangaan Indonesia itu. Walau begitu, dia kemudian meminta agar para pihak yang mendukungnya tidak membuat gaduh dan tetap tenang.

Dengan lugas dia meminta agar publik lebih berbicara soal inti masalah, yakni membicarakan utang secara ilmiah. Bukan pada penyerangan personal atau membuat keributan di media sosial.

“Kepada semua yang menanggapi Twitter saya, terima kasih. Twitter saya mengajak Anda-Anda pada pembicaraan inti, bicarakan utang secara ilmiah, dan bukan membuat gaduh. Ilmiah tidak gaduh, tetapi tenang. Apalagi membawa ujaran kebencian, itu bukan ilmiah. Merdeka,” kata Dr Djamester Simarmata di akun Twitter-nya, disitat Hops, Jumat 5 Juni 2020.

Di dalam debat utang nanti, Djamester mengaku akan menyajikan banyak data sesuai pemahamannya. Dia kemudian menegaskan, penerimaan debat itu bukan sebagai ajang baginya untuk mencari popularitas, namun hanya memperteguh pandangannya soal utang yang selalu dia tolak sejak dulu.

“Dalam debat utang saya tidak dukung siapapun, kecuali kajian ilmiah. Saya anti orang yang koar-koar tanpa kajian riil, cari popularitas politik. Kritik saya tidak hanya praktis, tapi teori,” tegasnya.

Sementara itu, di sisi lain, pihak Luhut mengaku sudah siap berdebat dengan Dr Djamester. Menko Luhut melalui juru bicaranya, Jodi Mahardi, mengaku siap menerima atensi debat dengan dosen senior UI itu.

“Pak Menko sangat welcome untuk diskusi soal ini. Nanti dari tim kami akan menghubungi beliau untuk pengaturan lebih lanjut,” kata Jodi.

Sumber : hops.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel