Usai Hina Kulit Hitam di AS, Miss Malaysia Bernasib Tragis

Loading...
Loading...

Kehidupan Samantha Katie James, Miss Universe Malaysia 2017 benar-benar berubah setelah dirinya mengumbar sentimen rasial di media sosial pribadinya dalam mengomentari pembunuhan pria kulit hitam George Floyd oleh polisi kulit putih di Amerika Serikat (AS).

Melalui akun Instagram-nya, bekas ratu kecantikan ini bahkan menyerukan komunitas kulit hitam di Amerika yang sedang marah untuk rileks saja. "Kepada orang kulit hitam, rileks, anggap itu sebagai tantangan, membuat Anda lebih kuat," tulis dia, Jumat lalu.

Dia juga mengklaim bahwa mereka memilih untuk dilahirkan sebagai orang kulit berwarna di Amerika karena suatu alasan. "Agar mempelajari pelajaran tertentu," lanjut Samantha.

Gara-gara komentarnya itu publik Malaysia menyerukan agar mahkota dan gelar Miss Universe Malaysia 2017 yang disandangnya dicopot.

Lebih dari 15.000 orang sejauh ini menandatangani petisi di Change.org dalam waktu kurang dari 24 jam sebagai bentuk kemarahan terhadap komentar Katie James.

Dikutip dari Viva.co.id, usai diamuk warga Amerika  akibat kasus pelecehan terhadap aksi demonstrasi menuntut keadilan atas kematian George Floyd, nama Samantha mendadak raib dari daftar nama Miss Universe Malaysia di situs resmi ajang ratu kecantikan Jiran itu.

Berdasarkan situs resmi www.missuniversemalaysia.com, Kamis 4 Juni 2020, saat ini hanya tersisa 9 Miss Universe Malaysia. Seharusnya ada 10 nama mengingat acara itu dimulai sejak 2010.

Pada situs itu terlihat hanya Miss Universe 2017 saja yang tidak ada. Sedangkan Miss Universe Malaysia dari 2010 sampai 2020 masih tertera berikut nama dan fotonya.

Padahal sebelumnya di halaman galeri acara, masih ada foto detik-detik Samantha dianugerahi mahkota Miss Universe 2017.

Tak ada keterangan resmi apapun yang dikeluarkan The Miss Universe Malaysia Organization (MUMO) terkait raibnya Samantha dari daftar Miss Universe Malaysia.

Sebelumnya, Samantha Katie James sudah meminta maaf atas pernyataan itu. Namun, warga Amerika  sudah terlanjur kesal dengan apa yang telah diperbuatnya.

Bahkan, Samantha kini telah kehilangan mata pencahariannya, karena perusahaan kosmetik yang memakai jasanya telah memutuskan untuk memecat Samantha.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel