Inilah Gombloh, Sapi Rp87 Juta Calon Hewan Kurban Presiden Jokowi

Loading...
Loading...


Inilah Gombloh, sapi jenis Simmental milik Rika Daru Efendi, yang terpilih sebagai hewan kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Idul Adha 1441 H. Sapi berbobot 1 ton ini berbanderol Rp87 juta.

“Sapi itu sudah saya pelihara selama 2,5 tahun,” kata Daru, warga Argomulyo, Sedayu, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (12/7/2020).

Sapi tersebut awalnya dibeli dari kota Solo, Jawa Tengah, ketika masih berusia satu tahun. Dengan perawatan dan pemberian pakan yang optimal, sapi ini berkembang bagus. Tidak hanya gemuk, sapi ini ukurannya juga cukup besar.

“Saya beri nama Gombloh dengan harapan sapi ini tumbuh besar dan gemuk,” katanya.

Memiliki sapi yang dipilih presiden sebagai hewan kurban menjadi kebanggan tersendiri. Sebelumnya tim pencarian melakukan seleksi terhadap lima ekor sapi.

Dari berbagai penilaian, Gombloh yang dipilih sebagai juara dan menjadi sapi kurban Jokowi.

“Awalnya saya tawarkan dengan harga Rp98 juta, namun harga yang disepakati Rp87 juta,” ujar Daru.

Gombloh sebelumnya telah menjuarai kontes sapi di Kota Magelang, Jawa Tengah. Saat itu dia meraih juara kelima dan berahak atas sertifikat, piala dan uang pembinaan.

Sebelum diambil petugas, setiap harinya Gombloh dimandikan dan diberikan pakan hijauan agar tetap sehat. Kebersihan kandang juga terus dijaga.

Sebelumnya Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul (DPPLP) Bantul sudah meninjau dan memeriksa sapi tersebut.

“Sebelumnya kita lakukan pemeriksaan kesehatan dan kondisi fisik sapi, oleh tim dari kabupaten dan dari Jakarta,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DPPKP Kabupaten Bantul, Joko Waluyo.

Saat ini, Rika Daru Efendi, masih memiliki seekor sapi dengan berat 750 kilogram. Sapi yang diberi nama Arjuna ini sudah ditawar Rp70 juta.

Sumber : okezone.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel