Mengenal Sosok Tetty Melina Lubis, Jenderal Perempuan Berjilbab di Lingkungan TNI AD

Loading...
Loading...


Dalam korps kenaikan pangkat terhadap 20 orang Perwira Tinggi (Pati) TNI AD di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2020) ada sosok yang menarik perhatian.

Dia lah Brigjen TNI Tetty Melina Lubis yang dipercaya Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Direktur Hukum Angkatan Darat (Dirkumad).

Perempuan berhijab tersebut menjadi satu-satunya perwira wanita yang dilantik pada acara korps kenaikan pangkat perwira tinggi TNI AD oleh Jenderal TNI Andika Perkasa saat itu.

Ia bersama 19 perwira tinggi lainnya mendapat kesempatan naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya.⁣⁣

Dilansir dari Chanel Youtube TNI AD yang dipublikasikan, Rabu (5/8/2020), Brigjen TNI Tetty Melina Lubis mengatakan bila dirinya selama berkarir di TNI AD sangat menikmati tugasnya.

“Saya sangat menikmati tugas saya, dipercaya negara. Di sinilah tugas baru saya sebagai Direktur Hukum, dapat memberikan dukungan hukumnya, baik melalui penyuluhan maupun mensosialisasikan perundang-undangan yang berlaku di NKRI yang sangat kita cintai ini,” ujar Brigjen TNI Tetty Melina Lubis dikutip dari Chanel Youtube TNI AD, Kamis (6/8/2020).

Lanjut dia, Direktorat Hukum TNI AD memiliki tugas pokok untuk memberikan bantuan hukum, dukungan hukum dan perundang-undangan kepada Kepala Staf Angkatan Darat, baik itu permasalahan atau apapun yang berkaitan dengan urusan hukum dan perundang-undangan.

Selain itu, juga memberikan penyuluhan hukum kepada para prajurit di satuan yang terkait dalam lingkungan TNI AD agar tidak melakukan pelanggaran. ⁣⁣

⁣⁣“Untuk ke depannya Direktorat Hukum TNI AD yang sudah baik selama ini dapat memberikan kontribusinya kepada TNI AD dalam fungsinya sebagai biro konsultasi hukum,” ujar Brigjen TNI Tetty Melina Lubis.⁣⁣

Ia berharap Ditkumad dapat berkembang ke era digital agar prajurit dapat melakukan konsultasi hukum melalui online.

Sehingga, sosialisasi hukum dapat dengan mudah diakses prajurit TNI AD di seluruh Indonesia.⁣⁣

Mengemban tanggungjawab baru sebagai Direktur Hukum Angkatan Darat, bukanlah kali pertama dirinya menjabat sebagai pimpinan di lingkungan TNI AD.

Sebelumnya, ia pernah mengemban tugas sebagai Kepala Hukum Kodam III/SIliwangi, Komandan Pendidikan Korps Wanita TNI AD di Lembang, serta Ketua Sekolah Tinggi Hukum Militer yaitu mendidik para perwira untuk mengambil gelar Sarjana Hukum dan Magister Hukum.⁣⁣

Dari 20 orang Perwira Tinggi TNI AD yang melaksanakan laporan korps kenaikan pangkat saat itu 2 orang naik pangkat menjadi bintang tiga, 7 orang menjadi bintang dua, dan 11 orang menjadi bintang satu.

Adapun 7 Perwira Tinggi yang naik pangkat jenderal bintang dua saat itu di antaranya Mayjen TNI Made Datrawan menjabat sebagai Deputi Bid Sistem Nasional Setjen Wantannas, Mayjen TNI Ana Supriatna menjabat sebagai Sahli Bidang Sosbud Setjen Wantannas.

Kemudian Mayjen TNI Wawan Ruswandi menjabat sebagi Danpussenkav Kodiklatad, Mayjen TNI dr Asrofi Sueb Surachman menjabat sebagai Kapuskesad, Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon menjabat sebagi Staf Ahli Bid Ideologi dan Politik BIN, Mayjen TNI Anton Nugroho menjabat sebagai Danseskoad, dan Mayjen TNI Gunung Iskandar menjabat sebagai TA Pengkaji Lemhannas Bidang Politik.

jenderal bintang satu di antaranya Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya menjabat sebagai Danrem 161/WS Kupang Kodam IX/Udayana, Brigjen TNI A Yudi Hartano yang menjabat sebagai TA Pengkaji Madya Bidang Sismennas Lemhannas, Brigjen TNI Rusmili menjabat sebagai Kasetum TNI.

Lalu Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya menjabat sebagai Kabinda Papua BIN, dan Brigjen TNI Haris Sarjana menjabat sebagai Karo Persidangan Sistem Informasi dan Pengawasan Internal Setjen Wantannas.

Selain itu ada pula Brigjen TNI Jajah Subarjah menjabat sebagai Dir PIT Pusterad, Brigjen TNI Budi Fitri menjabat sebagai Dircab Pusbekangad, Brigjen TNI Budiman menjabat sebagai Kapusrehab Kemhan, Brigjen TNI Ari Binuko menjabat sebagai Dircab Puskesad, Brigjen TNI dr Rahmat Saptono menjabat sebagai Ir Puskesad, dan Brigjen TNI Tetty Melina menjabat sebagai Dirkumad.

Rangkaian acara dimulai dengan pemutaran video profil pejabat yang melakukan sertijab dan laporan korps kenaikan pangkat di Videotron Mabesad.

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi acara sertijab, termasuk menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan resmi sertijab, penyerahan Pataka, Pusara, tongkat komando, dan penanggalan serta penyematan tanda jabatan dari pejabat lama kepada KSAD.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Pataka dari KSAD kepada pejabat baru, penandatanganan berita acara sertijab oleh Andika disambung dengan penandatangan berita acara sertijab Persit KCK dan laporan korps kenaikan pangkat.

Acara diakhiri dengan pelaksanaan foto bersama dan ramah tamah.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakasad, Pangkostrad, Dankodiklatad, Danpusterad, Koorsahli Kasad, dan para Asisten KSAD.


Sumber : tribunnews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel