Presiden Jokowi Pecat Menko Polhukam Mahfud MD, Benarkah Demikian? Simak Faktanya

Loading...
Loading...


Beredar kabar di media sosial yang mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mememcat Menko Polhukam, Mahfud MD.

Kabar tersebut diunggah oleh akun Facebook dengan nama Puri A Wahid pada 22 November 2020.

Selain itu, dalam unggahan itu juga disertai dengan link Youtube yang mengarah pada video cuplikan pidato Presiden Jokowi yang mengucapkan kalimat bahwa tidak segan-segan untuk mencopot menteri.

Namun dalam video dari link itu, tidak ada pernyataan bahwa Presiden Jokowi akan atau telah memecat Menko Polhukam, Mahfud MD dari jabatannya saat ini.

Dilansir Lingkar Kediri dari situs turnbackhoax.id, telah diketahui bahwa cuplikan video itu merupakan video pidato Joko Widodo, setelah dilantik menjadi presiden pada tahun 2019.

Lenih lanjut, ucapan tentang pemecatan menteri merupakan janji Jokowi jika menteri dalam kabinetnya tidak serius bekerja.

Jadi, bukan pernyataan tentang pemecatan atau pencopotan Menko Polhukam, Mahfud MD.

Selain itu, tidak ditemukan artikel atau berita yang membahas tentang pencopotan Menteri Mahfud MD.

Pernyataan di dalam video merupakan pandangan dari Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah.

Dedi menyatakan bahwa Presiden Jokowi tidak akan rugi jika harus memecat Menko Polhukam, Mahfud MD jika tidak serius dalam menindak kepala daerah yang membiarkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, video dengan judul yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memecat Menteri Polhukam, Mahfud MD adalah hoaks dan termasuk dalam kategori konteks yang salah.

Sumber : pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel